Thursday, March 21, 2013

Tari Jaranan Salah Satu Jenis Budaya Indonesia

Tari Jaranan Salah Satu Jenis Budaya Indonesia

Jenis budaya indonesia dalam seni tari memang sangat beragam terutama tarian jaranan yang masih pupuler di daerah jawa timur.

Tarian jaranan ini biasanya banyak di lombakan pada saat merayakan kemerdekaan indonesia tepatnya 17 agustus banyak kalangan pelajar antusias mengikuti kompetisi lomba tari tradisional.

Bagaimana sejarah Tari Jaranan Ini ?

Tari Jaranan Turangga Yaksa berasal dari kata turangga yang berarti kuda dan yaksa yang berarti raksasa. Diilhami dari upacara adat Baritan yang hidup di daerah Dongko Kabupaten Trenggalek, yang mana di dalam penyelenggaraan terdapat penyajian tari jaranan.

Upacara adat Baritan merupakan bentuk upacara desa yang bertujuan untuk memohon kepada Hyang Widi (Tuhan penguasa alam) agar para hewan ternaknya dapat terhindar dari segala penyakit, ada juga sumber yang menyatakan bahwa Tari Jaranan Turonggo Yakso ini menceritakan tentang kemenangan warga desa dalam mengusir marabahaya atau keangkaramurkaan yang menyerang desanya.

Untuk itu kita harus lebih bangga dengan kesenian daerah milik kita karena itu adalah warisan nenek moyang dan merupakan aset bagi negara.