Friday, March 22, 2013

Jenis Budaya Indonesia Yang Diklaim Malaysia

Jenis budaya indonesia yang beranekaragam dan di punyai indonesia pasti sebagai kebanggaan seluruh rakyat indonesia dari jumlah beberapa ratus di pulau -pulau jumlahnya yang demikian banyak.

satu hari ada kabar kabar yang tidak enak di dengar rasa sedih, marah atau bingung bercampur aduk saat mendengar kabar jelek tersebut.

kabar itu yaitu bahwa budaya indonesia diklaim oleh negara tetangga yakni malaysia, di bawah ini type budaya indonesia yang diklaim malaysia :

1. Batik



Untuk mengakhiri polemik, pemerintah indonesia selanjutnya mendaftarkan batik ke unesco untuk memperoleh pernyataan.

2. Lagu rasa sayange

polemik klaim lagu rasa sayange cepat berakhir. pemerintah malaysia sendiri yang mengakhirinya. 11 november 2007, menteri kebudayaan, kesenian, serta warisan budaya malaysia, rais yatim mengakui bahwa rasa sayange yaitu punya indonesia.

3. Reog ponorogo

usai mengklaim lagu rasa sayange, tingkah laku malaysia yang senang mengklaim budaya indonesia berlanjut. tetapi problem ini tidak berlanjut ke unesco dikarenakan pemerintah diraja malaysia lakukan klarifikasi. duta besar malaysia untuk indonesia datuk zainal abidin muhammad zain membantah bahwa pemerintah malaysia tidak dulu mengklaim reog ponorogo. reog ponorogo sendiri kata dia bukan hanya sebagai budaya asli negaranya

4. Wayang kulit

malaysia dulu mengklaim wayang kulit sebagai budayanya. walau sebenarnya telah jelas wayang kulit ini yaitu budaya khas jawa. pertunjukan wayang kulit sudah dianggap oleh unesco pada tanggal 27 november 2003, sebagai karya kebudayaan yang mempesona dalam bidang cerita narasi.

5. Kuda lumping


Tari Jaranan Salah Satu Jenis Budaya Indonesia

tarian ini datang dari jawa. tetapi, orang - orang jawa mewariskannya pada anak - anaknya yang telah menetap di malaysia hingga diklaim sebagai budaya warisan negeri jiran.

6. Rendang padang

klaim rendang padang tidak berjalan lama dikarenakan dalam catatan histori masakan yang sangat enak didunia itu tidaklah product asli malaysia. masakan rendang datang dari sumatera barat.

7. Keris

keris adalah di antara senjata beberapa raja majapahit. lokasi yang sangat banyak menggunakan keris yaitu jawa, madura, nusa tenggara, sumatera, pesisir kalimantan serta sulawesi. malaysia tidak dapat mengklaimnya dikarenakan histori menunjukkan bahwa budaya indonesia.

bukti keris adalah budaya indonesia ada di candi borobudur. dalam satu panel relief candi borobudur ( abad ke - 9 ) yang menunjukkan seseorang memegang benda sama keris.

8. Angklung

angklung yaitu budaya khas dari penduduk sunda, jawa barat, indonesia. warisan leluhur ini juga dulu diklaim oleh malaysia. polemik klaim malaysia berakhir sesudah alat musik ini terdaftar sebagai karya agung warisan budaya lisan serta nonbendawi manusia di unesco sejak november 2010.

9. Tari pendet serta tari piring



tari pendet jenis budaya indonesia dalam kesenian


ke-2 tari yang datang dari pulau sumatera ini juga dulu diklaim malaysia. tari piringadalah di antara seni tari tradisional di minangkabau yang datang dari kota solok, provinsi sumatera barat.
sesaat tari pendet dari bali. tetapi yang sangat menonjol klaim malaysia pada tari pendet. karena tari ini jadikan sebagai iklan promosi kunjungan ke malasyia “visit malaysia years”.

10. Gamelan jawa

gamelan jawa adalah alat musik khas jawa yang terdiri dari beragam jenis alat musik. tak hanya bonang, gong, ada juga rebab serta alat musik yang lain yang umumnya menemani wayang.


11. Tari tor tor


budaya tari tor-tor telah ada sejak 500 th. lantas di suku mandailing, sumatra utara.


12. Alat musik gondang 9 ( sembilan gendang )